Rabu, 05 April 2017

Pendakian Gunung Merapi (2930 mdpl)

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif di dunia. Gunung Merapi bersebelahan dengan dengan Gunung Merbabu, berada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Jalur pendakian yang paling populer adalah jalur New Selo. Di pos perijinan, ada wahana wisata yang cukup unik, yakni wahana pring sewu yang terbuat dari bambu. Cukup mengasyikkan untuk dijadikan tempat berfoto. Dengan membayar Rp. 10.000,- kita bisa selfie sepuasnya.
























Trek pendakian gunung Merapi termasuk kategori menengah. Memang kemiringan jalurnya cukup tinggi, 45-60 derajat, namun tidak terlalu panjang. Dari pos perijinan hingga puncak dengan perjalanan normal hanya ditempuh dalam waktu 4 jam.

Selama perjalanan, kita harus berhati-hati karena banyak jalur yang di kanan kirinya berhadapan langsung dengan jurang.

Sesaat setelah sampai di Pasar Bubrah, titik perkemahan terdekat dengan puncak gunung Merapi, kita akan merasakan hawa yang sama ketika berada di puncak Semeru. Tak ada satu pun tumbuhan ada di sana, hanya ada batu dan debu. Cukup menarik juga karena di Pasar Bubrah juga terdapat seismograf, alat pendeteksi gempa, yang dipasang oleh BNPB setempat.









Dari Pasar Bubrah menuju puncak gunung Merapi, kita harus mendaki jalur yang sangat curam dengan bebatuan besar. Karakteristiknya hampir sama dengan trek pasir di gunung Semeru.



BBC Crew:
  Ifan Bachdim
  Rizz Brown
  Ricky Yusuf N.
  Agung MCU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar