Senin, 12 Juni 2017

PENDAKIAN GUNUNG RAUNG (3344 mdpl)

Jumat, 12 Mei 2017 merupakan hari bersejarah dalam catatan pendakian tim BBC. Persiapan telah dilakukan sejak dua minggu sebelum pendakian. Namun perasaan was-was tak bisa hilang begitu saja. Kali ini BBC akan menjajaki gunung dengan jalur terekstrim di pulau Jawa.

Gunung Raung (3344 mdpl) terletak di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. 6 jam perjalanan dari Kota Malang, sampailah kami di Stasiun Kalibaru pada pukul 9 malam. Setibanya disana, tukang ojek telah menunggu kehadiran kami seakan tahu akan ada pendaki yang membutuhkan jasanya.  Dari stasiun Kalibaru, perjalanan dilanjutkan menuju Basecamp Bu Suto selama 10 menit dengan membayar Rp. 30.000,-. Satu malam cukup digunakan untuk beristirahat hingga perjalanan esok pagi.

Kali ini kami dipandu oleh guide yang suka maido, Haryawan, Mas Hari begitu ia biasa dipanggil, dan satu guide lagi, Mas Jay. Pukul 06.00 kami melakukan briefing untuk sedikit mendapat gambaran tentang jalur pendakian gunung Raung. Perlu diingat bahwa tidak ada sumber air sepanjang jalur pendakian gunung Raung. Pukul 08.00, tukang ojek telah menanti. Harus naik ojek karena dari basecamp Bu Suto menuju pos 1 jaraknya amat sangat jauh bila ditempuh dengan berjalan kaki. Logikanya, jika naik ojek saja diperlukan waktu 15 menit, mungkin jika berjalan kaki diperlukan waktu 5 jam. Menurut perkiraan kami, jarak dari basecamp menuju pos 1 kurang lebih 4 km.

Gambar Basecamp Bu Suto (karena Pak Suto sudah meninggal)

Secara umum, ada 4 pos dengan 7 titik camp yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Sejenak beristirahat di pos 1, pos bu Sunarya, pukul 08.45 perjalanan sesungguh dimulai.

Pos 1 Bu Sunarya

Dari bu Sunarya menuju camp 1 bisa dikatakan merupakan jarak antar camp yang paling jauh dan melelahkan. Kita harus berjalan selama 1,5 jam dari pos 1 (Bu Sunarya) untuk sampai ke camp 1.

Dari camp 1 menuju camp 2 cukup ditempuh dalam waktu 30 menit. (10.45)

Dari camp 2 menuju camp 3 dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. (11.15)

Dari camp 3 menuju camp 4 kembali kita harus berjuang ekstra menempuh perjalan yang lumayan jauh selama 1,5 jam. (12.45)

Dari camp 4 menuju camp 5 ditempuh dalam waktu 1 jam. (13.45)

Dari camp 5 menuju camp 6 ditempuh dalam waktu 1 jam. (15.00)

Dengan sisa tenaga, kita akan dihadapkan pada jalur terjal nan panjang. Dari camp 6 kita akan menuju tempat camp yang ideal untuk melakukan summit, yaitu camp 7. Perjalanan ini memerlukan waktu 2 jam.

Perlu saya tekankan, waktu tempuh yang kami lakukan ini levelnya HARD untuk seorang pendaki. Setiap kali sampai di camp, kami hanya beristirahat kurang lebih 10 menit. Maka tidak dapat dijadikan patokan untuk pendaki pemula.

Total perjalanan kami dari pos 1, Bu Sunarya, hingga camp 7 diperlukan waktu 8 jam.

Sekiranya cukup setengah malam kita jadikan waktu untuk beristirahat. Pukul 01.00 dini hari, kita harus mempersiapkan diri untuk melakukan summit. Pukul 02.00 perjalanan dilanjutkan menuju camp 8 selama 1 jam. Dilanjutkan menuju camp 9 selama 1 jam.

Di camp 9 kami memasang peralatan climbing sembari beristirahat. 15 menit melanjutkan perjalanan, kita akan sampai di Puncak Bendera (05.00).

Dari Puncak Bendera, kita akan melewati Jalur Naga untuk sampai di Puncak 17 - Puncak Tusuk Gigi - Puncak Sejati.

Puncak Bendera

Puncak 17

Waspada!!! Itulah satu-satunya kunci agar kita sampai ke Puncak Sejati karena nyawa yang menjadi taruhannya.

Jalur Naga

Kurang lebih 2 jam perjalanan kita perlukan dari Puncak Bendera untuk sampai ke Puncak Sejati (pukul 07.00).