Selasa, 07 Maret 2017

Pendakian Gunung Merbabu (3142 mdpl)

Gunung Merbabu terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Untuk menuju kesana dapat ditempuh melalui beberapa rute/jalur. Dari Batu/Malang naik bus Jombang, tiket bus sekitar Rp. 17000,-. Kemudian dari Jombang naik bus jurusan Solo, turun di stasiun Tirtonadi, Solo. Tiket sekitar Rp. 35000. Kemudian naik bus lagi jurusan Selo turun di Kecamatan Selo, biasanya supir bus sudah mengerti kalo ada pendaki pasti akan diturunkan di Selo. Tiket bus sekitar Rp. 35000. Dari Selo, tepatnya dari polsek Selo, menuju pos perijinan dapat ditempuh dengan mencarter mobil atau ojek. Pengalaman tim BBC dulu biaya carter satu mobil sekitar Rp. 100000 cukup untuk membawa 5 orang sekali jalan. Maka disarankan apabila hendak mendaki ke gunung Merbabu dilakukan dengan rombongan 5-6 orang agar biaya transportasi dapat diminimalkan.

Tiket masuk gunung Merbabu yaitu sekali masuk Rp. 17500/orang, tidak dihitung perhari.

Jalur pendakian gunung Merbabu tidak terlalu susah, jalan sudah lebar dan bisa digunakan untuk simpangan jika ada pendaki yang berjalan berlawanan. Sepanjang perjalanan pun pemandangannya indah. Jadi perjalanan terasa lebih ringan.

Ada tiga spot yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda, yakni pos 3 Batu Tulis, Sabana 1, danSabana 2.
Dari pos perijinan menuju pos 3 Batu Tulis diperlukan waktu sekitar 4 jam perjalanan normal.
Dari pos 3 Batu Tulis menuju Sabana 1 diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan normal.
Dari Sabana 1 menuju Sabana 2 diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan normal.

Satu hal yang menarik adalah jalur dari pos 3 menuju puncak Merbabu sebenarnya jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, namun karena jalur dibuat lurus tanpa membelok membuat jalur menjadi sangat curam dan melelahkan. Bahkan kecuramannya hampir sama dengan tanjakan setan yang ada dibalik tanjakan cinta yang ada di gunung Semeru, dan tanjakan di gunung Merbabu ini lebih panjang.

Namun semua rasa letih dan payah akan terbayar lunas saat kita sudah berada di Puncak Kenteng Songo (3142 mdpl), puncak tertinggi gunung Merbabu.

Pos 3 Batu Tulis
Sabana 2
Dari puncak tampak gunung Lawu di arah timur

Dari puncak, tampak gagah gunung Merapi di arah selatan

Saat cuaca baik, tampak samudera awan yang indah


Salah satu puncak gunung Merbabu di arah utara

Tampak gunung Sindoro dan Sumbing di arah barat laut

Puncak Kenteng Songo (3142 mdpl), puncak tertinggi gunung Merbabu

BBC Crew


Sabana 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar